Kepuasan Konsumen dan Kinerja Keuangan UKM di Kabupaten Jepara

  • Hadi Ismanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Abstract

Kabupaten Jepara merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang memiliki usaha kecil dan menengah yang sangat banyak yaitu sejumlah 56.534.592 UKM dan sebanyak 16 sektor UKM yang tersebar di Kabupaten Jepara. Namun, banyak UKM belum mampu menjaga kualitas produk dan layanan kepada pelangan serta pengelolaan keuangan yang kurang baik. Meningkatnya persaingan telah menyebabkan banyak UKM hanya mencari profitabilitas jangka pendek sehingga banyak UKM yang mengalami kegagalan.Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh hubungan pelanggan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, dan pengaruh kepuasan konsumen terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini dilakukan pada UKM dengan kriteria memliki jumlah tenaga kerja sebanyak 5-99 orang, nilai kekayaan bersih selain tanah dan gedung sebesar ≤ 500 Juta, dan akumulasi penjualan selama 1 tahun sebesar ≤ 2,5 Milyar. Sampel yang digunakan sebanyak 183 pemilik UKM di kabupaten Jepara yang tersebar di 16 jenis usaha. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan pelanggan dan kualitas produk yang dihasilkan UKM berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, sedangkan kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan UKM di Kabupaten Jepara. Pemilik UKM percaya bahwa memiliki hubungan pelanggan yang baik menyebabkan konsumen puas terhadap UKM dan akan menjaga loyalitas untuk membeli kembali produk yang dihasilkan sehingga dapat meningkatkan kinerja keuangan UKM.

Kata kunci: UKM, kepauasan konsumen, kinerja keuangan, kualitas produk, dan hubungan pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-05
How to Cite
IsmantoH. (2018). Kepuasan Konsumen dan Kinerja Keuangan UKM di Kabupaten Jepara. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 4(3), 377. https://doi.org/10.17358/jabm.4.3.377