Pengaruh Profitabilitas, Sruktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan

  • Ignatius Leonardus Lubis Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor
  • Bonar M Sinaga Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor
  • Hendro Sasongko Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan

Abstract

The purpose of this study was to determine the influence and formulate recommendations from the ROE, DER san LDR. This research is a causal with quantitative approach. Independent variable is the profitability, capital structure and liquidity, while the dependent variable is the value of the company. Analysis of the data used is inferential statistical analysis. This study uses panel data regression analysis were processed using software eviews 8.From the results of the study stated that ROE, DER and LDR had effected PBV simultaneous and variable of ROE has positive and significant to company value.

Keywords: capital structure, corporate value, inferential statistic, liquidity, profitability

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memformulasi rekomendasi pengaruh profitabilitas, struktur modal dan likuiditas terhadap nilai perusahaan pada bank yang go public periode tahun 2011–2014.Analisis data yang digunakan adalah analisis statistic inferensial. Penelitian ini juga menggunakan analisis regresi data panel. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa return on equity (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap PBV sehingga perusahaan perlu memperhatikan dan terus meningkatkan ROE dengan cara mengambangkan prospek kegiatan dalam rangka untuk peningkatan laba. Nilai probabilitas terbesar adalah ROE jika dibandingkan dengan variabel independen lainnya. Oleh karena itu ROE dapat dipakai sebagai prediktor dalam memprediksi tentang nilai perusahaan.

Kata kunci: likuiditas, regresi, profitabilitas, statistik inferensiala, struktur modal

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-09
How to Cite
LubisI. L., SinagaB. M., & SasongkoH. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Sruktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 3(3), 458. https://doi.org/10.17358/jabm.3.3.458