Mobile Mashup of Tourism Object Information in Indonesia

Abdul Qifli Sangadji, Firman Ardiansyah

Abstrak

Mashup adalah aplikasi web yang mengintegrasikan informasi dari beberapa perusahaan atau membuat produk informasi baru yang lebih informatif. Saat ini, telepon genggam, yang digunakan sebagai alat komunikasi, juga digunakan sebagai perangkat navigasi untuk memberikan arahan pada peta dari suatu posisi asal ke posisi tujuan. Informasi posisi dari berbagai objek wisata Indonesia sangat penting bagi pengguna untuk mengetahui lokasi dari objek wisata yang ia inginkan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah aplikasi mashup di telepon genggam yang mengumpulkan informasi mengenai objek wisata di Indonesia. Informasi yang dikumpulkan terdiri atas deskripsi, lokasi, video, foto, hotel, berita, dan buku yang berhubungan dengan suatu objek wisata. Layanan Trackpacking, Wego, Google, Flickr, dan YouTube digunakan sebagai sumber data dan informasi. Model data dengan pendekatan blackboard digunakan untuk menggabungkan data yang mencantumkan sumber data dalam variabel yang digunakan oleh interface untuk membangkitkan informasi yang akan ditampilkan kepada pengguna. Dari hasil pengujian terhadap aplikasi ini, diperoleh sebesar 90% informasi yang berhasil ditampilkan dengan benar. Akan tetapi, aplikasi ini hanya memperoleh tingkat relevansi antara kueri dan informasi sebesar 70%. Hal ini disebabkan oleh kurangnya data dan kueri yang kurang spesifik.

Penulis

Abdul Qifli Sangadji
Firman Ardiansyah
f.ardiansyah@ipb.ac.id (Kontak utama)
SangadjiA. Q., & ArdiansyahF. (2012). Mobile Mashup of Tourism Object Information in Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 1(2), 37-44. https://doi.org/10.29244/jika.1.2.37-44
Copyright and license info is not available

Rincian Artikel

Tidak ada artikel terkait yang ditemukan