TINGKAT KEBUTUHAN NELAYAN TERHADAP PELAYANAN OPERASIONAL PPP KUALA TUNGKAL PROVINSI JAMBI

Latifah Rizkiana, Iin Solihin, Anwar Bey Pane

Sari


Pelayanan adalah suatu bentuk pemberian jasa guna memenuhi kebutuhan pengguna. Pelabuhan perikanan harus memperhatikan berbagai aspek yang dapat meningkatkan kualitas pelayanannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelayanan apa saja yang belum memenuhi harapan/kebutuhan nelayan Kuala Tungkal terhadap pelayanan operasional dan fasilitas yang telah diberikan oleh pengelola PPP Kuala Tungkal. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan analisis Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil analisis diketahui atribut-atribut yang berada pada kuadran I yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan dan diperbaiki pelayanannya sesuai dengan harapan nelayan yakni (4) Kondisi kolam pelabuhan, (6) Pelayanan aktivitas pelelangan ikan, (8) Pelayanan fasilitas perbaikan kapal (docking kapal), (11) Ketercukupan jumlah es yang di perlukan nelayan, (14) Ketercukupan jumlah BBM yang diperlukan nelayan, (15) Pelayanan air bersih dan (7) Ketercukupan jumlah air yang diperlukan nelayan.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24319/jtpk.9.193-203

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.
Jl. Lingkar Kampus, Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680.
Telp/Fax (0251) 8628832, Email: jurnalfpik.ipb@gmail.com

 

 

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.