Kepuasan Pengguna Informasi Pertanian Dan Strategi Diseminasi Teknologi Pertanian Melalui Pemanfaatan Aplikasi Itani

  • Kartika Mayasari Institut Pertanian Bogor
  • Pudji Muljono IPB University
  • Anna Fatchiya IPB University
Keywords: Application, CSI, Importance Performance Analysis, iTani, User Satisfaction

Abstract

Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian telah mengembangkan dan meluncurkan aplikasi mobile yang disebut dengan iTani. Aplikasi iTani merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook dan fitur sosial. Dalam rangka memenuhi harapan pengguna serta untuk mengetahui efektivitas penyediaan informasi pertanian melalui aplikasi iTani, maka perlu dikaji sejauh manakah tingkat kepuasan pengguna aplikasi iTani dan bagaimanakah rumusan strategi diseminasi informasi pertanian melalui aplikasi iTani. Penelitian dilakukan secara purposive yaitu di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2019. Metode pengambilan sampel adalah stratifiedrandom sampling dan penetapan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan lima persen yaitu sebanyak 390 orang. Tingkat kepuasan pengguna diperoleh berdasarkan persepsi pengguna atas performance (kinerja) aplikasi iTani, instrumen yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI), dan diperoleh hasil 65, 42 persen, dengan kategori cukup puas. Oleh sebab itu, perlu adanya peningkatan kinerja aplikasi iTani sehingga kepuasan pengguna pun akan meningkat. Adapun peningkatan kinerja tersebut hendaknya mempertimbangkan hasil analisis dari IPA (Importance Performance Analysis) sehingga diseminasi teknologi pertanian melalui aplikasi iTani akan lebih tepat sasaran. Dalam memetakan alternatif rumusan strategi diseminasi, pihak pengelola sebaiknya memprioritaskan atribut yang berada di kuadran I, meliputi keragaman informasi dan pengunduhan ebook. Pihak pengelola wajib mengalokasikan sumberdaya yang memadai untuk meningkatkan kinerja pada atribut tersebut agar dapat memenuhi kepuasan pengguna. Implementasinya adalah dengan menyusun jadwal rutin dalam menggunggah materi publikasi, melakukan pendampingan dan supervisi kepada admin di level UK/UPT. Terkait dengan pengunduhan, implementasinya adalah dilakukan pengecekan berkala untuk semua ebook, memberikan fitur agar pengguna dapat berkomunikasi langsung dengan pengelola atau admin e-pustaka, sehingga apabila terjadi masalah, pengguna dapat menghubungi admin di setiap e-pustaka.

Kata kunci: Aplikasi, Kepuasan Pengguna, CSI, Analisis Kepentingan Kinerja, Itani

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Pudji Muljono, IPB University

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia

Anna Fatchiya, IPB University

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia

References

APJII. (2018). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Apjii. Retrieved from www.apjii.or.id

Arifah, F. N., Rosidi, A., Fatta, H. Al. (2014). Evaluasi Kepuasan Pelayanan Pengguna Aplikasi OPAC Perpustakaan STMIK AMIKOM Yogyakarta. Citec Journal Vol.1 (1) 46–56. ISSN: 2354-5771

Delone, W. H., & McLean, E. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748

Devani, V., & Rizko, R. A. (2016). Metode Customer Satisfaction Index ( CSI ) dan Potential Gain in Customer Value ( PGCV ). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 24–29.

Indraningsih, K. S. (2018). Strategi Diseminasi Inovasi Pertanian dalam Mendukung Pembangunan Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 35(2), 107-123. https://doi.org/10.21082/fae.v35n2.2017.

Istianingsih. (2008). Analisis Keberhasilan Penggunaan Perangkat Lunak Akuntansi Ditinjau Dari Persepsi Pemakai (Studi Implementasi Model Keberhasilan Sistem Informasi) Journal Akuntansi dan Keuangan Keuangan Indonesia, Vol 5 No. 1, 50-76

Leckie, G. J., Pettigrew, K. E., & Sylvain, C. (1996). Modeling The Information Seeking Of Professionals: A General Model Derived From Research On Engineers, Health Care Professionals, And Lawyers. Library Quarterly, 66(2), 161–193. https://doi.org/https://doi.org/10.1086/602864

Martilla, J. A., & James, J. C. (1977). Importance-Performance Analysis. Journal of Marketing, 41(1), 77–79. https://doi.org/https://doi.org/10.1177%2F002224297704100112

Mulyandari, R. S. H. (2011). Perilaku Petani Sayuran Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 20(20), 22–34.

Ong, J. O., & Pambudi, J. (2014). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis Di Sbu Laboratory Cibitung Pt Sucofindo (Persero). J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.12777/jati.9.1.1-10

Pawirosumarto, S. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, VI(3), 416–433. https://doi.org/10.1021/ma9919110

Prasojo, L. H., & Pratomo, D. (2015). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Dan Kualitas Layanan Aplikasi Rail Ticket System (RTS) Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem ( Studi Kasus pada PT . Kereta Api Indonesia ( Persero ) DAOP 2 Bandung. E-Proceeding of Management, 2(1), 235. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/1646%0A

Prayoga, S. H., & Sensuse, D. I. (2010). Analisis Usability Pada Aplikasi Berbasis Web Dengan Mengadopsi Model Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 70–79. https://doi.org/10.21609/jsi.v6i1.278

Pusdatin, P. D. dan S. I. P. (2019). Statistik Indikator Makro Sektor Pertanian Triwulan II. Journal of Chemical Information and Modeling (Triwulan I, Vol. 11). Jakarta: Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Sekretariat Jenderal Pertanian, Kementan.

Sa’adah, I., Mukson, M., & Ondho, Y. S. (2019). Pengukuran Tingkat Kepuasan Peternak dalam Pelayanan Inseminasi Buatan Menggunakan Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(3), 557–567. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.03.11

Septianita, W., Agus Winarno, W., & Arif, A. (2014). Pengaruh Kualitas Sistem , Kualitas Informasi , Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System ( RTS ) Terhadap Kepuasan Pengguna ( Studi Empiris Pada PT . KERETA API INDONESIA ( PERSERO ) DAOP 9 JEMBER ). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 53–56.

Sharma, V. P. (2006). Enhancement of Extension System in Agriculture. In V. P. Sharma (Ed.), Enhancement of Extension Systems in Agriculture (Vol. 3, pp. 58–71). Tokyo: Asian Productivity Organization.

Supriyatna, A. (2015). Analisis dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Piece Framework. Journal Pilar Nusa Mandiri, Vol. XI(1), 43–52.

Syakir, M. (2016). Pemantapan Inovasi dan Diseminasi Teknologi dalam Memberdayakan Petani. Seminar Nasional Perlindungan Dan Pemberdayaan Pertanian Dalam Rangka Pencapaian Kemandirian Pangan Nasional Dan Peningkatan Kesejahteraan Petani, 3–14. Retrieved from http://pse.litbang.pertanian.go.id/ind/pdffiles/prosiding_2016/

Yadav, K. B., & Sadan, P.-. (2015). A Critical Study & Analysis Of Electronic Media &Rural Development ( Study of Agriculture Sector ). International Journal of English Language, Literature and HUmanities, III(IX), 500–507.

Published
2020-04-14
How to Cite
MayasariK., MuljonoP., & FatchiyaA. (2020). Kepuasan Pengguna Informasi Pertanian Dan Strategi Diseminasi Teknologi Pertanian Melalui Pemanfaatan Aplikasi Itani. Jurnal Penyuluhan, 16(1), 174-184. https://doi.org/10.25015/16202029753