Analisis Potensi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara

Potential Analysis Place of Final Processing Site in Marangkayu Sub-District, Kutai Kartanegara

  • Dimas Ardi Prasetya IPB University
  • Arga Setyawan IPB University
Keywords: marangkayu, penyangga, sampah, TPA

Abstract

Sampah padat perkotaan merupakan fenomena yang sulit dihindari pada daerah perkotaan. Setiap daerah dan kota memiliki permasalahan yang berbeda mengenahi penanganan dan pemrosesan sampah padat perkotaan. Semakin tinggi status suatu kota, maka akan semakin tinggi potensi menghasilkan sampah padat sehingga perlu adanya penyediaan Tempat pemrosesan Akhir (TPA). Daya tampung lahan menjadi permasalahan dalam penentuan tempat pemrosesan akhir. Kabupaten Kutai Kartanegara adalah salah satu kota yang diprediksi akan menjadi kandidat kota besar pada masa depan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis potensi lahan yang akan digunakan pada Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) berdasarkan aspek teknis dan lingkungan. Lokasi penelitian berada di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan survei lapangan kondisi eksisting berupa pengukuran elevasi kondisi eksisting dan penentuan lokasi berdasarkan SNI 19-3241-1994 tentang Tata Cara Pemilihan Lokasi TPA Sampah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penentuan lokasi pemilihan TPA di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara dari tiga lokasi. Pemilihan lokasi diutamakan berdasarkan hasil permodelan genangan air 0 sampai 10 m dan zona penyangga. Kesimpulan yang didapatkan berdasarkan penelitian ini dipilih lokasi kedua yang cocok sebagai lokasi TPA di Kecamatan Marangkayu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Salim, E. Ratusan Bangsa Merusak Satu Bumi. Jakarta: Kompas Penerbit Buku. 2010.

[PP] Peraturan Pemerintah No. 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Setyono, P. Cakrawala Memahami Lingkungan. Surakarta, Indonesia: Sebelas Maret University Press. 2015.

Rahmaniah, R. Potensi reduksi sampah melalui pengelolaan sampah perkotaan di TPS Kecamatan Mataram. Jurnal Tata Kota dan Daerah. 2014; 5(2): 119-128.

Katiyar, M. Solid waste management. Journal of Construction and Building Materials Engineering. 2016; 3(2): 1-7.

[UU] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah

Rimantho D, NY Hidayah, A Herzanita, A Sandi. Strategi pengelolaan limbah padat dalam mendukung keberlanjutan green campus: sebuah pendekatan AHP. EnviroScienteae. 2022; 18(1): 111-123.

Rao MN, R Sultana and SH Kota. Solid and Hazardous Waste Management. Science and Engineering. United states. Butterworth - Heinemann. 2016.

SNI 03-3241-1994 Tata Cara Pemilihan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah.

SNI 19-3241-1994 tentang Tata Cara Pemilihan Lokasi TPA Sampah.

Published
2022-07-31
How to Cite
1.
Prasetya DA, Setyawan A. Analisis Potensi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara: Potential Analysis Place of Final Processing Site in Marangkayu Sub-District, Kutai Kartanegara. J-Sil [Internet]. 2022Jul.31 [cited 2022Dec.5];7(2):181-90. Available from: https://medpet.journal.ipb.ac.id/index.php/jsil/article/view/38156
Section
Research Articles

Most read articles by the same author(s)